Operator K3 Boiler Pesawat Uap

Operator K3 Boiler Pesawat Uap

Operator K3 Boiler Pesawat Uap

Bahwa dengan semakin meningkatnya penggunaan pesawat uap dan bejana tekan khususnya boiler yang dapat menghasilkan energi panas di bidang industri dan jasa, dimana boiler dapat juga menyebabkan kecelakaan yang dapat menimbulkan kerugian baik terhadap harta maupun jiwa manusia, sehingga perlu diusahakan pencegahan.

Oleh karena itu operator boiler mempunyai peran penting dalam mengoperasikan boiler secara baik dan benar sesuai prosedur guna mencegah kecelakaan perlu suatu kualifikasi dan syarat-syarat operator boiler sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.

KEWENANGAN OPERATOR :
Operator Kelas I

  • Kapasitas diatas 10 ton per jam
  • Pesawat uap selain uap untuk semua ukuran
  • Mengawasi kegiatan Operator kelas II (dua) bila menurut ketentuan pada peraturan ini perlu didampingi operator kelas II (dua)

Operator Kelas II

  • Kapasitas maksimum 10 ton per jam
  • Pesawat uap selain uap untuk semua ukuran

Tujuan Pelatihan :

  • Menambah pengetahuan dan memahami dasar-dasar pesawat uap
  • Meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan dalam mengoperasikan pesawat uap/ boiler,
  • Meningkatkan skill pada tenaga kerja operator pesawat uap (boiler) sehingga dapat mencegah/mengurangi kecelakaan kerja.

Dasar Hukum Pelatihan :
1. UU No. 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja
2. UU No. 13 Tahun 2013 Tentang Ketenagakerjaan
3. PP. 50 Tahun 2012 Tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja
4. Undang- undang Uap Tahun 1930/ Stoom Ordonantie 1930
5. Peraturan Menteri Tenaga Kerja R.I. No.Per.01/Men/1988 tentang Kwalifikasi dan Syarat-Syarat Operator Pesawat Uap.

Materi Pelatihan :
Kelompok Dasar :
1. Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
2. Peraturan perundangan pesawat tenaga dan produksi
3. Dasar- dasar K3 dan P3K
Kelompok Inti :
1. Jenis pesawat uap dan cara bekerjanya
2. Fungsi appendages/ perlengkapan pesawat uap
3. Air pengisi ketel uap dan cara pengolahannya
4. Sebab- sebab peledakan pesawat uap
5. Cara mengoperasikan pesawat uap
6. Persiapan pemeriksaan dan pengujian pesawat uap
7. Pengetahuan instalasi listrik untuk ketel uap
8. Pengetahuan bahan
9. Peninjauan konstruksi pesawat uap
10. Pemeriksaan secara tidak merusak
11. Perpindahan panas
12. Pengetahuan tentang bahan bakar dan pembakaran
13. Analisa kecelakaan peledakan
14. Cara inspeksi dan reparasi pesawat uap
Ujian
1. Teori
2. Praktik

Instruktur :
Instruktur yang akan memberikan pelatihan ini telah memiliki keahlian khusus di bidang K3 Boiler (Pesawat Uap) yang berasal dari Kemnaker R.I, Pengawas Ketenagakerjaan, Perguruan Tinggi, dan Praktisi spesialis Pesawat Uap yang telah mendapat persetujuan dari Direktur PNK3.

Metode Pembinaan : Ceramah Praktek Evaluasi

PersyaratanPeserta :

  •       Pendidikan minimal SMK atausederajat (kelas I)
  •       Pendidikan minimal SLTPatausederajat (kelas II)
  •       Melampirkanfotocopyijazahterakhirdan KTP
  •       Suratketerangankesehatandaridokter
  •       Suratrekomendasi/ permohonandariperusahaan
  •       Menyerah pas foto 4×6 &2×3 masing-masingsebanyak 2 lembar (background merah)
  •       APD (Safety Shoes & Helm) untukpraktik

© Copyright Delta Indonesia 2022