Saturday, 18 February 2017 01:11

Tertarik Dengan Sertifikasi Pelatihan K3 ?

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Tertarik Dengan Sertifikasi Pelatihan K3 ?

Kita sudah sering kali mendengar mengenai istilah Sertifikasi. Sebenarnya apa sih makna sertifikasi itu ? apalgi kata-kata tersebut biasa terdengar bagi para guru, karena istilah sertifikasi sudah diterapkan di dalam profesi guru. Namun, dari pemerintah tidak hanya guru serta pegawai lainnya saja yang berhak mendapatkan dana sertifikasi, melainkan dalam hal pelatihan K3 juga terdapat sertifikasi. Sebenarnya istilah sertifikasi terbentuk dari BNSP yaitu merupakan kepanjangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Jadi, badan ini merupakan suatu badan independen Negara yang bertanggung jawab kepada Presiden yang mempunyai kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas juga dalam mlaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi para tenaga kerja.

 

Pasti anda bertanya mengapa perlu diadakannya sertifikkasi kompetensi pelatihan K3 ? hal tersebut terjadi karena di era sekarang pasar kerja nasional maupun internasional menuntut tersedianya tenaga kerja yang benar-benar berkompeten di setiap bidang yang digelutinya, sekarang sudah banyak sekali industri, perusahaan, maupun organisasi yang menjadikan syarat bagi para tenaga kerjanya agar mempunyai sertifikasi kompetensi yang mumpuni. Seperti halnya sertifikasi kompetensi dalam hal pelatihan K3, dengan adanya sertifikasi tersebut, maka seseorang diharapkan akan memperoleh sebuah bukti pengakuan berupa tertulis atas kompetensi yang telah dikuasainya.

Mengenai sertifikasi tentang training K3, akan dilaksanakan dan di uji secara langsung oleh LSP LSK K3, yaitu Lembaga Sertifikasi Profesi dan Lembaga Sertifikasi Kompetensi mengenai K3 tersebut. hal itu dilakukan secara terbuka.dan bersifat transparan yang nantinya bisa diikuti oleh setiap tenaga kerja tanpa terkecuali. Lembaga tersebut tadi bersifat resmi dan berhak menentukan hasil sertifikasi, karena sudah mendapat izin secara langsung dan dukungan penuh dari Pusat Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi sejak akhir Desember tahun 2008 silam. Alasan pemerintah pusat mendukung secara penuh adalah karena kita tahu sekarang ini zamannya persaingan global. Kita mau tidak mau harus siap dituntut untuk berkompeten dalam bidangnya masing-masing yang sudah digelutinya.

Mengenai peserta uji kompetensi pelatihan K3 adalah para tenaga kerja yang sudah ditunjuk dan dikirim secara langsung oleh perusahaan ataupun bisa saja mendaftar secara mandiri. Dan nantinya bagi yang sudah dinyatakan lulus uji kompetensi pelatihan ini adalah dilihat dari latar belakang pendidikan yang dimiliki oleh para tenaga kerja, kemudian dilihat dari hasil pelatihan selama masa kegiatan serta pengalaman kerja yang sudah mencapai standar kompetensi dan juga bisa terbukti dengan baik dan  berfaedah.

Adapun efek dan manfaat dari memiliki sertifikasi pelatihan K3 ini bisa berdampak positif bagi perusahaan, tenaga kerja serta pemerintah dan masyarakat. Antara lain bagi perusahaan adalah memudahkan merekrut dan menyeleksi personil, memudahkan atasan untuk penempatan serta penugasan yang cocok bagi para tenaga kerja, memudahkan atasan dalam mengembangkan karir kerja serta pelatihan k3, meningkatkan keselamatan umumnya bagi semua pihak di tempat kerja. kemudian bagi tenaga kerja manfaatnya adalah lebih meningkatkan daya saing antara satu dengan lainnya, mendapatkan bukti dan pengakuan langsung secara tertulis atasa kompetensi yang dimilikinya, menyelamatkan pribadi bagi para tenaga kerja, menumbuhkan rasa bangga dan percaya diri terhadapa kompetensi yang sudah dimiliki. Kemudian bagi pemerintah dan masyarakat manfaatnya adalah mengurangi tingkat pengangguran yang berlebih, meningkatkan pertumbuhan ekonomi baik nasional maupun daerah, serta meningkatkan kualitas perusahaan dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya

Mengenai alasan diadakannya standar kerja K3 adalah karena sesuai dengan  ketentuan yang sudah termuat dalam Undang-Undang No 13 tahun 2003 mengenai ketenagakerjaan, di dalam UU tersebut pada intinya menerangkan bahwa setiap perusahaan wajib melaksanakan upaya keselamatan dan kesehatan kerja untuk melindungi keselamatan bagi para tenaga kerjanya dan sarana produksi. Dengan adanya hal itulah kemudian diterapkan kompetensi pelatihan K3.  Pelatihan K3 umum berbasis kompetensi ini memang menjadi opsi yang tepat sekali bagi perusahaan guna meningkatkan produktifitas para tenaga kerja sehingga dapat mendukung adanya suatu perkembangan yang ada di dalam perusahaan dan juga dapat meningkatkan daya saing yang tinggi di zaman yang global ini. Yang penting materi yang akan digunakan haruslah yang berbobot. Hal ini sangat perlu diperhatikan, Paling tidak selalu di perbaharui secara rutin setiap beberapa bulan sekali sesuai dengan perkembangan dan masukan-masukan dari para pakar yang ahli dalam bidangnya. Adapun mengenai masa berlsaku sertifikat kompetensi sebagai ahli K3 biasanya adalah selama tiga tahun. Dan jika masa berlaku sertifikasinya sudah habis, maka logbook yang sudah diisi mengenai jabatan, tugas serta tanggung jawabnya dibidang K3 tersebut bisa dijadikan patokan perpanjangan sertifikat, ataupun misalnya logbokk tidak memenuhi syarat maka bisa dilakukan dengan uji kompetensi ulang lagi. Pokoknya yang terpenting adalah bahwa bagi tenaga kerja yang sudah mendapat sertifikat untuk tetap wajib mengembangkan dan memelihara kompetensinya dimanapun ia bekerja.

Read 496 times Last modified on Saturday, 18 February 2017 01:18
01 / 02
02 / 02

seo checker

Visitors Counter

347300
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
259
445
4667
339234
10254
22426
347300

Surabaya

Ruko Pakuwon Town Square AA/2.25, Surabaya

Semarang

Jl. Mugas Dalam IX,  no. 8  Semarang

Bekasi

Suncity Square H - 20, Jl. M Hasibuan, Marga Jaya, Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17141

Telp : ( 021 ) 888 69 010, 888 69 021

Fax   : ( 021 ) 888 68 969

JoomShaper