Thursday, 16 February 2017 01:18

Perhatikan Keselamatan Kerja Anda Dalam Pelatihan K3

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Perhatikan Keselamatan Kerja Anda Dalam Pelatihan K3

Mempunyai keahlian dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja  (K3) dalam penerapan ketetapan yang telah ditetapkan oleh Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, sangat bermanfaat sekali. Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaatnya, kita harus mengenal lebih dulu tentang pelatihan K3. Nah, Pengertian Pelatihan K3 umum yaitu suatu program yang dibentuk oleh Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi guna mempersiapkan ahli dibidang K3 di berbagai perusahaan yang dapat membantu mengembangkan K3 di perusahaan dimana ia berada. Mengenai beberapa manfaat yang dihasilkannya, diantaranya adalah pertama dapat mengurangi angka kecelakaan dan adanya penyakit akibat kerja, dan dapat meningkatkan performa kerja karyawan, karena bisa menjamin keselamatan dan kesehatan para pekerjanyab dalam bekerja.

 

 

Kedua, meningkatkan nama baik suatu perusahaan dimata para pekerja, klien, pemerintah maupun masyarakat sekitar lingkungan perusahaan tersebut. ketiga, dapat menumbuhkan kompetensi seseorang dalam melalui pelatihan K3, dimana merupakan sebuah program yang sedang berkembang dengan cepat dan seakan sudah menjadi suatu kebutuhan yang wajib bagi suatu organisasi maupun lembaga yang lainnya. Keempat, Memberikan informasi atau pengetahuan tentang adanya bahaya maupun resiko yang bisa terjadi di dalam suatu pekerjaan, serta menjelaskan mengenai tata cara untuk mengurangi resiko dan bahaya yang dihasilkan tersebut. Kelima, memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada karyawan kerja perusahaan, sehingga dapat timbul suatu kepercayaan penuh mengenai tidak adanya hambatan dalam pekerjaannya. Baik hambatan dalam hal hilangnya hari kerja karena suatu peristiwa, maupun hal-hal yang lain yang bisa saja terjadi.

Keenam, dapat meningkatkan pendapatan suatu perusahaan, hal tersebut bisa terjadi karena dengan adanya pelatihan K3 bisa mencegah ataupun mengurangi kerugian jika terjadi suatu hal apapun. Dan yang terakhir karena peraturan ini ditetapkan langsung dari pemerintah, maka dengan adanya ikut pelatihan k3 ini berarti secara tidak langsung menjadi warga Negara maupun lembaga yang taat kepada peraturan yang ditetapkan pemerintah. Bisa saja suatu waktu nanti akan mendapatkan suatu penghargaan langsung dari pemerintah pusat mengenai program k3 ini, apalagi di Indonesia sedang gencar-gencarnya memberlakukan program nasional ini.

Kita juga pasti bertanya-tanya mengenai siapa saja yang berhak mengikuti kegiatan pelatihan K3 ini. sasaran pelatihan pada program ini tentunya ditujukan

  • untuk dokter milik perusahaan,
  • untuk perawat milik perusahaan,
  • untuk manajer perusahaan,
  • untuk P2 K3 dan para pekerja perusahaan,
  • untuk para teknisi yang ada didalam perusahaan,
  • untuk para tenaga profesional lain,
  • untuk para pegawai yang baru masuk ataupun pindahan dari perusahaan lain,
  • untuk para pekerja perusahaan,
  • untuk para supervisor perusahaan,
  • untuk safety representatif
  • untuk mereka yang bertugas mengenai tempat maupun peralatan pekerjaan di perusahaan.

Namun, segala sesuatu tentunya memiliki factor. Begitu juga dengan yang berikut ini, mengenai beberapa factor lingkungan kerja yang sangat berpengaruh terhadap pelatihan K3 antara lain :

  1. factor kebisingan, banyaknya debu dan kurangnya penerangan. Hal-hal tersebut bisa menghambat dan memperlambat adanya training K3. Seharusnya seluruh ruangan ataupun lingkungan tempat kerja diatur sedemikian rupa supaya terlihat lebih siap dipakai dan tidak mengganggu adanya pelatihan.
  2. Factor kesehatan para pekerjanya. Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting karena bisa mempengaruhi berhasil tidaknya suatu latihan yang diadakan.
  3. Factor teknologi yang meliputi desain maupun penempatan ditempat kerja.
  4. Factor kurangnya pemeriksaan mengenai kondisi pesertanya apakah lelah atau tidak ketika dalam pelatihan.
  5. Adanya factor pencemaran bahan kimia, seperti halnya asap berlebihan yang dikeluarkan melalui cerobong di dalam suatu industri. Kemudian bisa juga karena kualitas air limbahnya yang sudah sangat kotor dan mentyengat. Nah, hal-hal tersebut yang sangat perlu diperhatikan sebelum mengadakan pelatihan K3 karena bisa-bisa mengganggu kenyamanan dan keseriusan para peserta.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam training K3 adalah dokumen-dokumen yang sudah dihasilkan dari berbagai macam pelatihan, maka harus disimpan dengan sebaik mungkin dalam jangka waktu kurang lebih tiga tahun. Hal ini sangat penting, karena dokumen yang sudah tersimpan bisa buat laporan, contoh maupun arsip untuk kedepannya ketika mengadakan training k3 lagi. Nah, mengenai data atau dokumen yang harus disimppan tersebut antara lain adalah waktu dan tanggal pelaksaan pelatihan. Waktu ini sangat penting karena bisa menjadi acuan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya. Kemudian ada nama-nama para peserta yang sudah ikut dalam pelatihan k3. Biar sebagai bukti kalau seseorang itu sudah benar-benar ,mengikuti atau tidak. Kemudian nama dan jabatan setiap orang yang ikut dalam pelatihan, kemudian ada content maupun ringkasan isi dari pelatihan tersebut. dan yang paling penting adalah adanya dokumentasi baik foto maupun video ketika pelatihan K3 berlangsung, dokumentasi ini meliputi foto, video dan materi yang disajikan dalam pelatihan K3.

Read 533 times
01 / 02
02 / 02

seo checker

Visitors Counter

347301
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
260
445
4668
339234
10255
22426
347301

Surabaya

Ruko Pakuwon Town Square AA/2.25, Surabaya

Semarang

Jl. Mugas Dalam IX,  no. 8  Semarang

Bekasi

Suncity Square H - 20, Jl. M Hasibuan, Marga Jaya, Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17141

Telp : ( 021 ) 888 69 010, 888 69 021

Fax   : ( 021 ) 888 68 969

JoomShaper