Wednesday, 15 February 2017 04:12

Info Penting Mengenai pelatihan K3

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Info Penting Mengenai pelatihan K3

Berbicara mengenai pelatihan K3, mungkin ada beberapa dari anda yang masih tidak tau dan bertanya-tanya dalam benaknya. Sebenarnya apa yang dinamakan pelatihan K3 ? pelatihan K3 adalah sebuah kepanjangan kata dari kalimat pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja yang disingkat menjadi K3. Program penerapan system manajemen ini sengaja dibuat karena bermaksud untuk meningkatkan kemampuan bagi penanggung jawab K3 agar dapat berperan secara lebih efektif. Dan juga untuk menjamin semua pihak yang masuk dalam resiko agar mengetahui secara mendalam mengenai operasi tempat kerjanya, adanya resiko di tempat kerja, adanya upa-upaya jika terjadi penyakit ataupun kecelakaan yang di akibatkan oleh kerja dan adanya kegiatan berkesinambungan mengenai pencegahan kecelakaan pada kerja.

 

Selanjutnya, ada tujuan umum dan tujuan khusus diadakannya pelatihan program ini. Mengenai tujuan umum diadakannya pengenalan pelatihan K3 adalah untuk meningkatkan pengertian, pengetahuan, pengalaman serta keterampilan fisik maupun non fisik bagi para peserta tentang Keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Sedangkan tujuan khusus dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk menyadarkan bagi semua orang akan potensi bahaya yang bisa di jumpai mereka  ditempat kerjanya maupun adanya kemungkinan yang bisa menimbulkan penyakit bagi peserta akibat kecelakaan kerja. kemudian membentuk pribadi yang selalu waspada terhadap segala kejadian ataupun bahay di tempat kerja. Kemudian, adanya usaha untuk pencegahan terjadinya bahaya yang diakibatkan di tempat kerja. Kemudian, menerangkan kepada para peserta akan resiko-resiko yang harus dicegah, dan menunjukkan kepada mereka agar secara otomatis bisa melaksanakan  pekerjaan dengan aman dan nyaman.

Program ini biasanya diadakan di berbagai perusahan-perusahaan yang mempunyai tujuan seperti di atas. Program Training K3 ini semakin bertambahnya hari seakan-akan semakin diwajibkan bagi para karyawannya. Hal tersebut dilakukan tak lain dan tak bukan adalah agar penerapannya di perusahaan-perusahaan bisa berhasil, maka sangat diperlukan orang-orang yang mempunyai pemahaman dan berkompeten dalam halnya penerapan pelatihan K3 ini.  Oleh karena itu, diperlukan juga adanya pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan para peserta yang akan diberi mandat sebagai penanggung jawabnya. Agar mereka siap secara fisik maupun psikis dalam menghadapi hal-hal yang bakal terjadi kedepannya. Apalagi biasanya di dalam perusahaan masih ada beberapa para pekerjanya yang masih teledor dan seenaknya sendiri.

 

Baca Juga : http://www.sucofindo.co.id/pelatihan-kecakapan-teknis/275/pelatihan-pelatihan-keselamatan-dan-kesehatan-kerja-(k3).html

 

Sebelum beranjak lebih lanjut, kita harus melihat dulu solusi terbaik yang bisa dilakukan guna benar-benar bisa membentuk personil menjadi sesuai dengan yang diharapkan. Pertama kita lihat dulu mengenai ruang lingkup pekerjaan yang ada di perusahaan. Bahwa sebenarrnya program ini diterapkan untuk melatih dan memberi bekal kepada para peserta yang sudah ditunjuk oleh perusahaan agar bisa menerapkan pelatihan K3 umum di tempat kerja mereka. Kedua, bahwa kegiatannya harus diatur dengan baik, tersusun dan tertata rapi. Kita harus membagi dulu mengenai materi-materi pelatihan yang akan disajikan. Katakanlah dalam satu minggu kita bisa membahas mengenai materi-materi yang akan disajikan. Dan biasanya materi pelatihannya disajikan dalam bahasa Indonesia sendiri.

Materinya diantaranya adalah mengenai pengenalan bagi para peserta terhadap pelatihan K3 yang bisa dilakukan selama dua atau sampai tiga hari, terus mengenai manajemennya juga bisa dilakukan dua atau tiga hari. Dan masih banyak materi-materi lainnya yang bisa disajikan dalam penyampaian materi. Ketiga, yaitu dilihat dulu dari metode pelaksanaannya dalam pelatihan K3. Metode yang diterapkan harus yang benar-benar bisa menarik para personil sehingga tidak cepat jenuh dan menimbulkan kesan tersendiri bagi para pesertanya. Jadi, biasanya yang pertama dilakukan adalah penyampaian materi, kemudian setelah itu diadakan diskusi bagi para pesertanya. Kemudian diadakan sebuah studi kasus yang nantinya kasus tersebut bisa diselesaikan dengan cara berkelompok yang sudah ditentukan oleh pihak perusaahaan. Mengenai peserta yang berhak ikut biasanya tidak diberlakukan persyaratan-persyaratan ataupun kriteria khusus, sehingga semua bisa mengikuti tak terkecuali.

Dan mengenai tempat pelaksanaannya, biasanya diadakan didalam ruangan khusus maupun secara umum diluar ruangan. Hal ini bertujuan agar mental para peserta lebih terbentuk dan semakin percaya diri. Selain itu juga memberikan pemahaman mengenai hal-hal yang diperlukan dalam penerapan pelatihan K3. Segala sesuatunya pastinya mempunyai prosedur-prosedur yang akann diterapkkan. Nah, Secara umum prosedur pelatihan K3 ini juga memuat mengenai hal-hal sebagai berikut :

  • Adanya persiapan data, diantaranya adalah  : struktur Organisasi, hasil partisipasi dan konsultasi K3, Data lain yang relevan (hasil audit, pengukuran),  Hasil investigasi insiden /kecelakaan kerja, hasil identifikasi bahaya, penilaian resiko dan pengendalian resiko K3, hasil identifikasi peraturan perundangan dan persyaratan K3 lainnya.
  • Mengidentifikasi mengenai kebutuhan pelatihan K3 dan jadwal pelaksanaanya.
  • Mendaftarkan kebutuhan bagi para peserta pelatihan K3 ke bagian SDM dan melaksanakannya sesuai jadwal
  • Harus dilakukan penyusunan laporan pelaksanaan pelatihan K3 selama kegiatan berlangsung.
Read 372 times Last modified on Wednesday, 15 February 2017 04:45
01 / 02
02 / 02

seo checker

Visitors Counter

347296
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
255
445
4663
339234
10250
22426
347296

Surabaya

Ruko Pakuwon Town Square AA/2.25, Surabaya

Semarang

Jl. Mugas Dalam IX,  no. 8  Semarang

Bekasi

Suncity Square H - 20, Jl. M Hasibuan, Marga Jaya, Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17141

Telp : ( 021 ) 888 69 010, 888 69 021

Fax   : ( 021 ) 888 68 969

JoomShaper