Tuesday, 24 January 2017 14:46

Pelatihan K3 alat keselamatan pengelasan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pelatihan K3 alat keselamatan pengelasan

Kebutuhan peralatan keselamatan adalah sangat vital untuk dunia kerja. Tak terkecuali untuk pekerjaan mengelas. dengan menggunakan peralatan keselamatan ini pekerjaan mengelas akan diberikan jaminan perlindungan akan keselamatan untuk dirinya dan juga lingkungannya. Hal ini akan sangat meningkatkan produktifitas untuk para pekerja itu sendiri dan perusahaan. Dan yang tidak kalah penting adalah kualitas dari pengelasan tersebut akan jauh lebih baik.

Mengapa  bisa lebih baik daari segi kualitas dan produktifitas? Ya dikarenakan seorang pekerja merasa sangat terlindungi, secara otomatsi akan merasa lebih aman. Sehingga  bisa lebih berkobsntrasi terhadap pekerjaan tersebut. Tidak terganggu oleh kekhawatiran terjadinya kecelakaan yang fatal serta efek yang bisa ditimbulkan oleh kecelakaan tersebut.

Berikut ini macam macam alat keselamatan kerja las :

 1. Pakaian Kerja

 

 Dengan memakai pakaian kerja, juru las akan merasakan lebih nyaman bekerja, disebabkan tidak memikirkan tentang area sekitar yang dapat mengotori pakainnya. Lagi pula dengan memakai pakaian kerja las yang mempunyai keleluasaan bergerak menghadapi pekerjaannya. pakaian kerja ini terbuat dari bahan katun, kulit atau denim. Pakaian kerja Tukang Las dibuat dengan lengan panjang serta celana panjang.

 Baca Juga : Pelatihan K3 umum

2. Helm Las/Mask/Topeng las

Helm/Topeng Las digunakan untuk memproteksi muka dari cahaya las(sinar UV dan Infra Red), radiasi panas serta percikan bunga api  las. Jika muka tukang las tidak diproteksi maka kulit muka bisa terbakar dan sel sel kulit serta daging akan terkelupas. Pada Helm/Topeng las tertentu biasanya dilengkapi dengan masker hidung, yang berguna untuk melindungi dari asap dan debu pengelasan. Asap dan debu ini akan mengganggu pernapasan dan bisa bereakibat pada penyakit paru paru serta ginjal.

3. Kaca Las 

 

Kaca Las digunakan untuk melindungi mata dari cahaya las yang sangat menyilaukan. Yaitu sinar Ultra Violet dan sinar Infra merah. Cahaya ini akan merusakkan mata pakerja las. Bahkan bisa megakibatkan kebutaan. Pemilihan bahan kaca las disesuaikan dengan besar kecilnya arus pengelasan yang digunakan pekerja las (bisa lihat tabel) pada buku buku referensi pengelasan. Contohnya adalah untuk pengelasan sampai dengan 150 Amperemenggunakan kaca las no 10.

4. Apron (pelindung dada)

Apron ini berguna untuk melindungi dada dari sinar ulta violet, infra red, percikan bunga api las dan panas dari pengelasan. Pelindung dada ini terbuat dari bahan kulit yang lentur.

 

5.Sarung Tangan

Sarug Tangan Berfungsi untutk melindungi tangan dari tersengat panass, listrik serta benda tajam.

 

6. Sepatu kulit kapasitas 2 Ton 

 

Sepatu yang terbuat dari dari kulit yang pada ujungnya terdapat logam pelindung dengan kapasitas 2 ton. Sepatu ini akan dapat melindungi pekerja las dari kejatuhan benda berat, sengatan listrik, benda panas dan tajam.


 

Dari paparan di atas, terlihat bahwa begitu pentingnya peralatan peralatan keselamatan kerja tersbut bagi para pekerja.  Disampng untuk kepentingan pribadi dan perlindungan kepada para pekerja, juga untuk melindungi perusahaan dari ketidak efisien an waktu serta bahan bahan. Pada dasarnya Kesehatan dan keselamatan kerja ini harus selalu diterapkan untuk jangka waktu selamanya. Tidak ada kata kompromi untuk keselamatan pekerja. pada bidang apapun di dunia ini. Sebab keselamatan perkaja adalah yang paling utama dibandingkan dengan keuntungan perusahaan itu sendiri.

 

Sebab masih ada bahkan banyak perusahaan yang belum atau tidak mematuhi aturan aturan keselamatan dan kesehatan pekerjanya. Dengan berbagai alasan mereka abai terhadap hal ini. Hal ini tentu mebuat kita prihatin

 

 

Read 1525 times Last modified on Sunday, 29 January 2017 00:15
01 / 02
02 / 02

seo checker

Visitors Counter

347299
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
258
445
4666
339234
10253
22426
347299

Surabaya

Ruko Pakuwon Town Square AA/2.25, Surabaya

Semarang

Jl. Mugas Dalam IX,  no. 8  Semarang

Bekasi

Suncity Square H - 20, Jl. M Hasibuan, Marga Jaya, Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17141

Telp : ( 021 ) 888 69 010, 888 69 021

Fax   : ( 021 ) 888 68 969

JoomShaper